• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

December 09, 2017

Lolos CPNS LIPI!


Ucapan Selamat dari Akun Resmi Twitter LIPI (@lipiindonesia)

Tiga tahun lalu di bulan-bulan ini mungkin gue terpuruk. Waktu itu gue ikut CPNS LIPI 2014. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berjalan dengan mulus dengan skor yang terbilang tinggi: 378. Tetapi akhirnya gue kecolongan di Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang mengakibatkan nilai akhir gue terjun bebas. Gue gak terpilih akhirnya. Sakit memang.

Harapan kembali muncul ketika tahun ini LIPI membuka penerimaan CPNS. Gue yang memang sedang tidak ada proyek survei bertekad untuk all out. Untuk menaklukan SKD, gue sebulan suntuk berkutat dengan buku tentang tes CPNS. Mulai dari perlawanan Sultan Babullah memimpin Ternate untuk Melawan Portugis hingga alasan mengapa UUD 45 belum bisa dijalankan secara penuh pada tahun 1945 sampai 1949. Mulai dari siapa saja yang merumuskan Pancasila hingga bagaimana tiap-tiap sila di Pancasila diamalkan. Mulai dari latihan soal deret angka sampai logika matematika. Hasilnya gak sia-sia: gue berada di urutan ketiga dengan skor 381.

Hasil SKD CPNS LIPI 2017 untuk formasi yang gue lamar

Dengan waktu yang mepet hingga tes SKB 1 (SKB Computer Assisted Test [CAT]), gue mempelajari bahan-bahan yang gue perkirakan bakal. Mulai dari UU ASN, segala hal tentang LIPI, segala hal tentang Pusat Penelitian Laut Dalam, hingga beberapa penelitian geofisika yang berkaitan tentang laut dalam. Soal-soal yang keluar ternyata jauh dari ekspektasi: soal-soal tentang dasar penelitian. Gue sangat kecewa ketika skor yang gue dapat adalah 290. kekecewaan gue berkurang ketika ternyata skor tertinggi dari semua peserta adalah 320. Not so bad!

Selang dua hari setelahnya siap-gak-siap gue harus mengikuti SKB selanjutnya, yaitu wawancara. Berada di ruangan wawancara yang sama dengan tiga tahun lalu membuat ingatan gue melayang ke waktu itu. Dan itu membuat gue grogi demi membayangkan bagaimana suasana wawancara yang santai ketika itu membuat gue terlena. Gue hanya bisa berdoa semoga hal tersebut tidak terulang dan berharap kali ini berjalan dengan sukses. Gue harus membuang jauh pikiran itu dan fokus dengan tiga pewawancara di depan gue. 

Suasana Wawancara CPNS LIPI 2017 (Image credit: official twitter BOSDM LIPI [@bosdmlipi])


Pada akhirnya gue merasa bersyukur bahwa wawancara mengalir dengan sangat alami. Gue seperti dimudahkan menjawab setiap pertanyaan yang diajukan karena ternyata kasusnya pernah gue alami. Dibuka dengan gue memperkenalkan diri gue, pengalaman kerja gue, pencapaian yang pernah gue dapat, dan lain-lain. Dilanjutkan dengan pertanyaan inovasi yang pernah gue lakukan dan gue jawab dengan pencapaian tim geofisika Geomin Antam yang menjadi juara 1 di Konvensi Mutu Geomin 2015 dengan stang GPR-nya. Pertanyaan seperti masalah yang pernah terjadi di lapangan dan bagaimana gue mengatasinya bisa gue jawab dengan kasus penolakan warga yang areanya dilewati tim survei. Salah satu solusi yang gue utarakan adalah dengan mengikutkan warga yang menolak menjadi tenaga lokal. Solusi seperti itu memang masih hangat di pikiran gue karena baru terjadi di tahun ini di proyek sebelumnya. Beberapa pertanyaan yang lain mungkin gue rasa jawabannya belum memuaskan tapi secara umum kali ini gue merasa bahwa wawancara kali ini sukses. Biarpun demikian, gue tetap berusaha untuk tetap tidak terlalu percaya diri karena bisa saja kandidat yang lain mempunyai visi jawaban yang lebih bagus dari gue. Tiga minggu kemudian gue isi dengan berdoa, berdoa, dan berdoa. Karena gue yakin bahwa sekeras apapun usaha jika memang Tuhan belum mengizinkan, kita bisa apa?

Tiba di hari yang dinantikan, dua hari yang lalu. Dan hasilnya adalah seperti ini.

Hasil Integrasi SKD dan SKB CPNS LIPI 2017 untuk formasi yang gue lamar

Sejak kecil gue bermimpi menjadi peneliti. Gue bersyukur bahwa gue diberikan kesempatan untuk bisa mengabdi pada negeri ini melalui LIPI. Tentunya kesempatan ini tidak akan gue sia-siakan. Gue berharap bahwa gue bisa amanah dalam mengemban tugas ini.

Terima kasih gue ucapkan bagi kedua orang tua gue yang tidak henti-hentinya mendoakan gue dan selalu mendukung dan terus percaya dengan apapun yang gue lakukan, kakak, adik-adik, dan saudara-saudara gue juga, guru-guru gue dari SD sampai SMA, dosen-dosen Geofisika UGM, teman-teman seperjuangan, dan pastinya Geofisika UGM 2007!

Akhir kata: Bismillah!

4 komentar:

fEySaL said...

Dear Abi,

Selamat ya akhirnya penantian panjang terbayar juga dengan ketrimanya kamu di LIPI. Lama banget nih aku absen dari dunia blog, sekalinya iseng aktif langsung baca blogmu dan langsung baca berita bahagia ini. Keren banget! Jangan lupakan hepap brotherhood. :)

ps. aku tadi malah ngirim mesej sejenis ke "contact me" blogmu hahaha maklum udah lama ngga ngeblog, agak bego lupa mana untuk komen mana untuk kontak penulis :P

Abi Dzikri Alghifari said...

Wah, makasih dah mampir di blogku Mas..

Makasih juga ucapannya. Makin sukses juga buat Mas Fey. Untuk hepap brotherhood pasti gak bakalan terlupa. Hehe.

Btw, kalo masukin pesan ke contact me juga bakalan sampai ke emailku sih Mas. Sayangnya ke email Yahoo yang jarang kubuka. Dan karena baru buka blog lagi, baru tahu nih kalo Mas Fey comment dah hampir sebulan yang lalu.

Sony Adam S said...

Wow..

Baru buka blog setelah entah kapan gw terakhir buka.. Keren dan ikut seneng buat yang udah jadi pengabdi negara.. Kapan-kapan kalau inget ke Jogja bih... hepap selalu menunggu.. saking udah jarang gw karokean.. udah bukan sahabat hepap lagi gw ini mah..

Joss lah...

Ria said...

hallo, salam kenal..
mas abi, saya ingin menanyakan apa saja lingkup soal CAT SKB CPNS LIPI saat itu mas? dan apa kiat2 belajar agar bs mendapat nilai SKB tinggi? serta pertanyaan apa saja yg di tanyakan saat wawancara oleh ketiga pewawancara tsb? mohon dijawab ya mas, karna saya Insha ALLAH sedang menunggu jadwal tes SKB LIPI jg. terimakasih. :)

Contact

Get in touch with me


Address/Street

Kongsijaya 02/01, Widasari, Indramayu 45271

Phone number

+(62) 81223001161

Website

www.abialghifari.com