• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

April 08, 2016

Kelantan Project Part 4: Musiknya yang Udah Gak Lagi Mendayu..

Kalo masih ada yang mengidentikkan musik Malaysia dengan lagu Gerimis Mengundang-nya Slam, ketahuan banget, ente anak 90-an dan belum bisa move-on.. Hahaha.. Iya, karena dari pengamatan gue selama di sana, gue menemukan fakta bahwa gambaran lagu Malaysia yang mendayu itu salah besar.. Dulu, tahun 90-an, okelah.. Tapi untuk era sekarang, imej itu udah berubah..

Oke, sebenernya gue sebelum berangkat ke sana udah dapat gambaran tentang musik di sana dari Anugerah Planet Muzik 2015 yang ditayangin di NET TV.. Gue udah kenal lagu Knock Knock-nya Elisabeth Tan dan Awak Kat Mana-nya Taufik Batisah.. Dan memang sampai sana memang cocok banget..


Oya, ngomong-ngomong, musik di Malaysia itu racial segmented banget.. Seperti yang kita tau, di Malaysia itu kan multiras, ada Malaysia, Cina, sama India. Tapi, kalo gue bilang (sejauh pengamatan gue), ketiga ras itu musiknya kurang membaur, jadi jangan heran kalo kita sering mendengar ada stasiun radio yang khusus menayangkan lagu India, Melayu, dan Cina.. Gue pernah denger waktu di Kuala Lumpur, denger ringtone ponselnya waiter rumah makan (suku India) memakai lagu India.. Tapi, beberapa penyanyi mendapat banyak apresiasi karena berhasil membawakan lagu yang lintas suku.. Contohnya ya Elizabeth Tan ini yang sering membawakan lagu berbahasa Melayu (sekarang Bahasa Malaysia)..

Satu lagu lagi yang jadi soundtrack kita sehari-hari di sana adalah Hantu atau Buaya-nya NanaSheme.. Lagu pop dengan beat sedang yang asik dan di beberapa bagian diisi dengan sedikit reggea. Si Nana ini sebelumnya sering mengunggah cover-cover lagu yang lagi ngehits di Youtube dan berhasil menarik perhatian dari salah satu label (mirip kisahnya Raisa kali ya, CMIIW), dan muncullah lagu ini..
NanaSheme - Hantu atau Buaya

Oya, lagu Indonesia juga banyak yang diputer di radio-radio sana.. Satu lagu yang paling sering diputar adalah Tetap Dalam Jiwa-nya Isyana Sarasvati.. Gila nih lagu, ngetop banget di sana..

Isyana Sarasvati - Tetap dalam Jiwa

Notable singer asal Indonesia yang lagunya sering diputer di sana adalah Judika, Cakra Khan, Raisa, Tulus, Afgan, dan (ini gak bakal terlewat) Sheila On 7 (yang SheilaGanknya sono sangat cihuy sekali kalo diliat dari shownya Sheila On 7 di Kuala Lumpur baru-baru ini.... 

0 komentar:

Contact

Get in touch with me


Address/Street

Kongsijaya 02/01, Widasari, Indramayu 45271

Phone number

+(62) 81223001161

Website

www.abialghifari.com