• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

March 02, 2011

[Review] Berlayar: Perjalanan Panjang Sheila On 7!

"Berlayar itu identik dengan perjalanan panjang, penuh rintangan, cuaca juga. Kita menggambarkan perjalanan Sheila on 7 dulu dan beberapa tahun yang akan datang ibarat berlayar," ujar sang vokalis Duta Modjo

Udah pada beli album terbarunya Sheila On 7 belum, Ganks? Kalo belum, monggo dibaca dulu reviewnya di bawah.. Kalo udah beli, monggo kasih komen ya, Ganks!

Nih, seritanya gue baru beli album Berlayar-nya Sheila On 7, nah semalaman udah denger semuanya, sekarang saatnya bikin review.. Selamat menikmati!

Fisik Album
Tampak Depan
Secara fisik, album yang di pasaran harganya 40ribu ini agak berbeda sama album-album sheila on 7 sebelumnya. Yups, cover plastik yang biasa ada di album-album sebelumnya, di album ini jangan harap ada. Tapi jangan kecewa dulu, karena konsep fisiknya keren, jadi tuh album memiliki hard cover yang kalo dibuka akan muncul dua bagian, sebelah kiri berisi buku lirik dan 'thanks to' (dan tambahan kartu pos), sebelah kanan CD albumnya sendiri..

Setelah album dibuka
Nah, kalo buku liriknya dibuka, isinya kayak gini..
kiri; buku lirik, tengah: kartu pos, kanan: CD albumnya
Gak rugi kan 40ribu dapet kayak gini? Kapan lagi kita bisa nghargai karya orang lain kalo beli album aja bajakan? Betul gak? Hehe.. ---> Sok bijak!

Materi Album
Oke, setelah kita ngomongin fisik album, sekarang pindah ke materi album..  Di album yang baru rilis tanggal 21 Februari 2011 kemarin itu kita bakal mendapat 10 lagu, dengan 9 judul lagu.. Lho, maksudnya? Nah, jadi ada satu lagu yang dibuat dengan dua versi, satu yang original version, satunya versi akustik. Tracklist-nya bisa dilihat dibawah ini, Ganks!
  1. Have Fun (3:28)
  2. Pasti Ku Bisa (3:59)
  3. Hujan Turun (3:56)
  4. On The Phone (4:14)
  5. Hari Bersamanya (3:52)
  6. Berlayar Denganmu (4:34)
  7. Perfect Time (4:05)
  8. Kamus Hidupku (Demo Version) (4:23)
  9. Bait Pertama (3:44)
  10. Hari Bersamanya (Accoustic Version) (3:57)
Oke, kita bahas satu-satu..


1. Have Fun (lyric by Adam So7)
Lagu ini mengisahkan seseorang yang sedang akan menikmati malam minggunya setelah semingguan mengisi dompet untuk mengejar mimpi.. Wah, lagu ini fresh banget.. Di lagu pembuka ini sheila on 7 seolah mengajak kita untuk sekali-kali bersenang-senang untuk menikmati hidup.. Oke, tancap Gan!

2. Pasti Ku Bisa (lyric by Eross So7)
Lagu ini termasuk jurus ampuh di album ini. Terbukti, lagu yang diciptakan Mas Eross ini dijadikan single kedua. Komentar mas Eross untuk lagu ini, "Lagu ini seperti aku kehilangan, tapi ibaratnya nggak mau meratapi. Kalau merasa kehilangan saja akan selamanya begitu tanpa melakukan yang lain. Intinya aku bisa terima, melanjutkan dan menyembuhkan luka kehilangan itu. Saya pikir itu sangat relevan dengan keadaan Sheila on 7 dan Indonesia sekarang."

3. Hujan Turun
Tarikan gitar Mas Eross langsung terdengar dari detik-detik awal. Berkisah tentang seseorang yang tetap 'menjaga hati' walaupun kekasihnya meninggalkan dia. Walaupun dengan berat hati dan hati yang tersiksa ditinggalkan kekasih kita, lagu ini memberikan motivasi kepada kita buat tetap bertahan untuk terus memandang ke depan.


4. On The Phone (lyric by Duta)
Tidak seperti Have Fun, yang walaupun judulnya bahasa inggris tetapi liriknya bahasa Indonesia, di lagu ini kita bakal menemukan lagunya sheila on 7 yang bener-bener 'real English'. Terakhir kita bisa denger lagu sheila on7 dengan lirik Inggris di Just For My Mom.
Oke, lagu ini mengisahkan tentang seseorang yang sedang menikmati masa-masa romantisnya lewat telepon. Bagaimana kisah pertama mereka saling jatuh cinta dan bagaimana mereka ketemuan bisa didengarkan di lagu ini. Secara pribadi, gue suka banget lagu ini. Apalagi pas reff, "I've been loving you, since our first time, on hour conversation on the phone.. Liriknya smart abis!


5. Hari Bersamanya (lyric by Eross)
Jadi single pertama, lagu ini sangat laris-manis. Ditambah video klip yang kocak, kharisma Hari Bersamanya di album ini bertambah kuat. Kalu bisa dibilang, Hari Bersamanya merupakan lagu yang bisa mewakili album ini yang simple, tapi nendang..


6.Berlayar Denganmu
Dibuka dengan alunan keyboard, tempo lagu ini akan terus mengalir indah ke bagian reffrain yang lumayan nge-beat. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang mengajak orang yang dia cintai untuk bersama-sama mengarungi hidup yang terjal ini. Bagi kalian yang ingin nembak cewek, lagu ini bagus dijadikan senjata tembak, haha.. Lagu ini pulalah yang menjadikan album sheila on 7 yang terbaru ini memiliki nama 'Berlayar'.

7. Perfect Time (lyric by Adam So7)
Lagu ini bernuansa sendu. Berkisah tentang sepasang kekasih yang hubungannya sudah tidak mungkin lagi untuk diteruskan. Memang, pasti selalu ada jalan untuk cinta. Tapi, kadang-kadang cinta kita tidak berada dalam satu jalan dengan cinta yang dimiliki kekasih kita. Mungkin ini yang ingin disampakan Sheila On 7 lewat lagu yang juga memiliki lirik berbahasa Inggris ini.

8. Kamus Hidupku
Termasuk ke dalam lagu yang slow di lagu ini. Lagi ini mengisahkan tentang seseorang yang tetap terus semangat menjalani hidup. Karena menyerah hanya karena jalan yang berliku tidak ada dalam kamus hidupnya. Keep positive!


9. Bait Pertama
Walaupun kita sudah mencoba untuk melupakan seseorang yang sangat kita cintai, kadang-kadang akal ini terus menuntun kita untuk tetap memikirkannya. Lagi ini bercerita tentang hal ini. Bagian reffrain yang sangat indah, "berjalan.. hidupku tanpamu, bertahan karena menantimu.. untuk menentimu di bait pertama.."

10. Hari Bersamanya (Accoustic Version)
Yang pengen denger Hari Bersamanya versi akustik, monggo denger lagu paling bontot di album ini. Versi asli sama versi akustik sama-sama asik..

Oke, segitu dulu review dari gue.. Ditunggu komentarnya..  Tetap dukung Sheila On 7 sampe akhir hayat ya, Ganks!

6 komentar:

Roni Galih (Little Think) said...

lagu-lagunya enak banget . . .
sip lah . . . sheila on 7 . . .
boleh ijin bwt repost sbagian review nya ga gan? terimaksih . . .

Abi Dzikri Alghifari said...

Boleh Gan.. Asal link ane dicantumin ya Gan.. Hehe..

trendy said...

halo mas piye kabare...masih kenal saya!

cuma mampir sekaligus baca-baca!
gitu aja dulu ah!

*kaboor!

Gama said...

beli dmn mas bro...

Abi Dzikri Alghifari said...

@Trendy: Alhamdulillah sae...

Kenal dong Trend, kita kan kenalnya pas jaman-jaman Sheila On 7 'kurang beruntung' di album 507 dulu.. Hehe..

Gimana kabarnya nih?


@Gama: Itu Gam, di Bulletin Music yang deket kolam renang UNY, beli gih sana.. Hehe..

Anonymous said...

review yg bagus mas, tp akan lebih nendang kalo reviewnya dilihat dari sisi musikalitas SO7 dalam album tersebut.

Contact

Get in touch with me


Address/Street

Kongsijaya 02/01, Widasari, Indramayu 45271

Phone number

+(62) 81223001161

Website

www.abialghifari.com