• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

October 11, 2018

Rusia Day 12: Polar Marine Geosurvey Expedition dan Upper Garden

Seharian ini adalah kunjungan ke Polar Marine Geosurvey Expedition yang ada di Petrodvortsovy District. Lokasinya cukup jauh dan kami harus menggunakan mobil selama sejam menuju ke sana. Tapi perjalanan yang jauh dibayar cukup sepadan dengan pengetahuan baru yang kami dapat.

Gedung Polar Marine Geosurvey Expedition
Sejam pertama kami diantar untuk menuju semacam mini museum yang menjelaskan mengenai institusi ini. Ada tiga ruangan, yaitu ruangan Antartika, Ruangan Arktik, dan Ruangan Ekspedisi Laut. Sesuai namanya, masing-masing ruangan menjelaskan tentang survey yang pernah dilakukan oleh institusi ini baik, di Antartika, Arktik, maupun di perairan lainnya.

Ruangan Antartika berisi mengenai berbagai macam mengenai survey yang pernah dilakukan di Antartika. Di ruangan ini diceritakan bahwa kondisi yang sangat ekstrim membuat survey di Antartika sangat sulit untuk dilakukan. Akan tetapi, kondisi demikian tidak membuat mereka patah semangat. 

Pakaian yang digunakan oleh peneliti yang melakukan penelitian pertama kali di Antartika
Ruangan Arktik menceritakan tentang survey yang pernah dilakukan di Arktik. Survey ini meliputi survey geofisika, geologi, dan geokimia. Di antara surveynya mengenai survey mineral.

Peta potensi yang dihasilkan dari survey tersebut.

Beberapa yang dipajang di ruang World Ocean


Setelah ke ketiga ruangan tersebut kami diajak untuk menuju ke kafetaria untuk makan siang. Yang menarik perhatian gue bukan pada menu makannanya, melainkan lukisan-lukisan yang ditempel di dinding kafetaria. Lukisan tersebut dibuat oleh orang-orang yang bekerja di tempat tersebut sebelumnya. Yang paling menarik bagi gue adalah lukisan tentang pria yang duduk sendiri di tepi sungai atau danau.

Lukisan yang gue suka di kafetaria
Setelah makan siang, ada satu kuliah yang kami ikuti. Kuliah diberikan oleh Irina G. Dobrestsova yang menceritakan tentang penemuan terbaru dari Polar Marine Geosurvey Expedition. Salah satu penemuan terbaru adalah mengenai metalliferous sediment yang genesanya tidak seperti yang selama ini diketahui oleh para peneliti. Irina menjelaskan bahwa hasil penelitiannya dengan mengamati hybrid rock yang merupakan sedimen yang teralterasi oleh basalt. Irina memiliki teori lain bahwa metalliferous sediment memiliki genesa dari kejadian tersebut, bukan berasal dari black smoker.

Kami berpindah menggunakan bus menuju Upper Garden yang berada di Peterhof, masih di Petrodvortsovy District. Upper Garden ini berada di depan bagian selatan Grand Peterhof Palace. Dan ini foto-fotonya.

Square Ponds Fountains yang ada di tenggara Grand Peterhof Palace
Fountain of Neptune yang ada di selatan Grand Peterhof Palace
Pohon yang meranggas di pertengahan musim semi

0 komentar:

Contact

Get in touch with me


Address/Street

Kongsijaya 02/01, Widasari, Indramayu 45271

Phone number

+(62) 81223001161

Website

www.abialghifari.com