• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

March 30, 2016

Kelantan Project Part 3: Transportasinya yang Kerennya Merata..

Gue gak bilang kalo Indonesia udah jauh banget ketinggalan kalo masalah transportasi di kotanya.. Karena akses jalan di Jakarta dan Kuala Lumpur juga gak terlalu berbeda.. Transportasi publiknya mungkin sedikit ketinggalan, karena di Indonesia MRT sama LRT baru dalam proses.. Tapi gue bilang sih nilai plus transportasi di sana adalah akses jalan yang merata hingga ke pelosok.. Ini gue rasain waktu perjalanan darat dari Kuala Lumpur ke Tanah Merah, Kelantan.. Kalo di Indonesia, mungkin yang sudah oke baru di Jawa ya.. Walaupun di pulau lainnya juga sekarang infrastrukturny lagi digenjot..


Perjalanan darat gue dari Kuala Lumpur ke Tanah Merah, Kelantan yang ditempuh dalam waktu sekitar 6-7 jam..


Yang gue salut dari jalan raya di sana adalah jalannya yang bener-bener mulus dengan rambu dan markah jalan yang sangat lengkap baik di jalan nasional hingga jalan yang lebih kecil.. Dan lagi, ketika ada persimpangan jalan, misalnya pertigaan, mereka akan membuat satu lajur lagi untuk kendaraan yang membelok dengan marka jalan yang sangat jelas.. Contohnya gue kasih di gambar di bawah ini.. Walaupun Central Spine Road ini termasuk jalan negara, tetapi benar-benar mengakomodasi kebutuhan orang setempat yang akan membelok kanan dan memaksa kendaraan yang akan lurus untuk bergeser lajur sedikit ke arah kiri..

Central Spine Road di Kelantan.. (Street View Google Maps)

Mari kita majukan sedikit..



Coba bandingkan dengan jalur Pantura di gambar di bawah ini.. Walaupun sudah dua lajur, mereka menutup persimpangan jalan dan menyulitkan warga lokal yang akan membelok karena harus memutar jauh..

Jalur Pantura di Sekitaran Widasari, Indramayu..
Oke, mungkin maksudnya baik ya.. Untuk mengurangi macet di jalur dari Jakarta ke Cirebon atau sebaliknya.. Tapi, setidaknya warga lokal diperhatikan sedikit lah.. Kan itu udah ada lampu merahnya juga, kenapa gak dimanfaatkan? Dan lagi, kalo gue liat banyak masyarakat melawan arus yang malah membahayakan juga.. Sorry gue jadi kebanyakan curhatnya.. Hahaha..

0 komentar:

Contact

Get in touch with me


Address/Street

Kongsijaya 02/01, Widasari, Indramayu 45271

Phone number

+(62) 81223001161

Website

www.abialghifari.com