• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

March 20, 2016

Kelantan Project Part 1: Makanan dan Zona Waktu yang Bikin Jet Lag..

Oke, gue tau.. Jarak Indonesia dan Malaysia masih deket, bahkan harga tiket pesawatnya lebih murah daripada tiket gue pas liburan ke Padang kemarin.. Tapi tetep aja, lain lubuk llain ikannya (kenapa tetiba gue jadi pake peribahasa ya? Hahaha..), ini udah beda negara bray (ini istilah lagi ngetren banget di kaskus).. Dan yang paling bikin gue jet lag dari project kemarin adalah makanan dan zona waktu..

Pertama: soal makanan..
Ini contoh menu makanan dan minuman di rumah makan..
Oke.. Yang khas dari makanan di sana adalah nasi gorengnya yang bermacam-macam.. Mirip sama Indonesia, tapi macamnya lebih banyak: ada yang biasa, Pattaya, kampung, Belacan, Cina, dan lain-lain.. Di bawah ini gue kasih liat foto Nasi Goreng Pattaya..

Nasi goreng Pattaya..
Iya, jadi tuh nasi goreng dimasukin ke dalam telor dadar.. Keren dan unik.. Kalau soal rasa, gue rasa gak terlalu beda sama nasi goreng yang biasa.. Trus, ada lagi yang khas.. Roti canai namanya.. Roti khas India yang cara makannya dicelupin ke dalam kuah santan..

Roti Canai dengan kuah santannya yang mengundang selera..
Trus, untuk minuman.. Di sana ketika kita menyebut Teh, maka defaultnya adalah teh campur susu.. Kali kita pengen teh aja, ya nyebutnya Teh'O.. Gue gak tau asal penyebutan kata 'O' itu dari mana.. Tapi gue tebak sih istilah 'O' yang berarti kosong macam kalo kita nyebut frekuensi radio 107.5 (one-o-seven-point-five).. Oke, nyampe sini mungkin pada bingung, trus yang bikin jetlag makanan yang mana.. Yups, yang bikin jet lag adalah makanan ketika di lokasi.. Pagi, siang, malam, gue makan ayam mulu.. Gue juga gak tau alasannya apa, yang jelas gue bisa tau menu 3 hari ke depan: ayam.. Dan yang bikin gue jet lag adalah cara masaknya yang monoton: kalo gak digoreng, ya dikasih kuah.. Udah gitu aja.. Sepertinya perlu belajar masak sama orang di warteg nih.. Hehe..

Iya, udah gini aja.. Hehe..

Kedua: Soal Waktu..
Yang paling bikin bingung di sana adalah zona waktu.. Malaysia (baik yang barat maupun timur), seperti kita tahu, memakai zona waktu GMT plus 8.. Ya, macam WITA lah kalo kita.. Bagus sih, karena kedua bagian Malaysia jadi punya zona waktu yang sama.. Ini jelas menguntungkan bagi bisnis dan pariwisata, tapi gak bagi gue.
Gue harus menyetel ulang pikiran gue kalo subuh tuh jam 6.15 pagi, makan siang jam 1.30 siang, dan matahari terbenam tuh jam 7.30.. Iya, 7.30 baru gelap di sono.. Kan matahari terbitnya juga 7.30.. Tapi tetep aja, kalo urusan tidur, gak tau kenapa, gue bisa tidur jam 11 malam yang padahal baru aja 2 jam dari Isya.. Isya jam 9 malam bro.. Tapi, kejadian ini cuma terjadi di minggu pertama, karena di minggu kedua gue udah bisa beradaptasi dengan zona waktu di sono..

Iya, jam 6 sore masih secerah ini di sana..



0 komentar:

Contact

Get in touch with me


Address/Street

Kongsijaya 02/01, Widasari, Indramayu 45271

Phone number

+(62) 81223001161

Website

www.abialghifari.com