• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

August 22, 2011

Pembubaran PKR dan Peringatan Nuzulul Quran..

Program Khusus Ramadan atau lebih dikenal dengan singkatannya, yaitu PKR, udah kelar,, Dan, tadi sore digelar penutupannya.. Hmm.. PKR di pesantren gue kali ini emang lebih spesial dari biasanya.. Apa pasal? Pertama, gak seperti tahun lalu, PKR kali ini mulainya pas pertengahan Sya'ban, padahal tahun lalu baru mulai pas Ramadan.. Trus, kali ini kampus-kampus kebanyakan libur, udah pasti ngajinya jadi lebih padat.. Ketiga, antusiasme santri dan ustadznya pas ngaji bisa dibilang sangat tinggi.. Ngaji sampe jam 2 dini hari bukan masalah berat.. Yah, penutupan juga berlangsung dengan lancar..

Acara yang mulai pas jam 4.15 itu dibuka dengan pembacaan Al-Fatihah untuk kemudian dilanjutkan sama pembacaan Kalam Ilahi oleh Aa Agus..
Pembacaan Kalam Ilahi..
Habis tuh acara dilanjutkan dengan doa khataman oleh Pak Kyai Munawwar.. Tak lupa ada sambutan juga dari Lurah pondok dan ketua panitia..
Sambutan dari lurah pondok..
Acara penutupan secara simbolik juga diadakan..

Setelah itu ada taushiyah dari Gus Fahmi.. Temanya tentang nuzulul quran..
Gus Fahmi
Beliau berpesan bahwa al-Quran adalah ibarat sebuah surat cinta dari Allah kepada manusia.. Dan, sepantasnyalah kita tidak hanya membacanya saja, tetapi juga memahami serta mengamalkan apa yang ada di dalamnya.. Seperti itulah.. Gak tau kenapa gue suka banget sama gaya penyampaian taushiyah dari Gus Fahmi ini.. Beliau tidak terkesan menggurui.. Bahasa-bahasa yang khas mahasiswa banget.. Joke-joke yang segar.. Entah kenapa menunggu berbuka menjadi gak berasa..

Yah, semoga PKR tahun ini bermanfaat bagi semua santri, sehingga bisa mengamalkan semua yang disampaikan oleh para ustadz selama senulan lebih ini.. Terima kash kepada Gus Munawwar, Gus Khafidz, Gus Zakki, Pak Thaifur, Pak Hadi, Kang Muhyiddin, Gus Nasih, dan Pak Joko serta para panitia PKR..
Semoga PKR tahun depan bisa lebih baik.. Entah gue masih di pesantren atau gak..

0 komentar:

Contact

Get in touch with me


Address/Street

Kongsijaya 02/01, Widasari, Indramayu 45271

Phone number

+(62) 81223001161

Website

www.abialghifari.com