• Twitter
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Youtube

September 27, 2010

Sowan: Sebuah Tradisi yang Menyejukkan Hati di Kala Idul Fitri..



Di tengah arus globalisasi yang kian pesat ini, pesantren mencoba bertahan dengan segala tradisi-tradisi yang dimiliki secara turun-temurun.. Salah satu yang gue lakuin pas habis lebaran ialah sowan..

Mungkin bagi kalian yang jarang berhubungan dengan lingkungan pesantren bakal ngerasa asing dengan istilah tersebut.. Tapi, bagi gue dan santri-santri lainnya, sowan merupakan sesuatu yang lumrah dan akrab di telinga..

Sowan, merupakan istilah yang digunakan buat santri-santri untuk menyebut kegiatan menghadap kepada kyai atau alim ulama.. Karena kami percaya, beliau-beliaulah yang sejatinya patut kita hormati, bukan mereka-merka yang katanya 'mewakili rakyat' tapi buat datang pas rapat aja ogah-ogahan, giliran dateng, kerjaannya malah tidur..

Nah, biasanya, kegiatan sowan ini lagi musim-musimnya kalo pas habis lebaran.. Karena lebaran memang pas buat silaturahmi..

Dan, kalo kalian pernah ngelakuin, kalian bakal tau gimana hati 'berbicara' kalo kita lagi dekat dengan kyai atau ulama.. Gue udah ngerasain.. Hati gue tuh ngerasa sejuk kalo deket sama orang berilmu.. Entahlah.. Pokoknya auranya tuh beda..

Di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak, keliling ke komplek-komplek buat sowan dengan kyai udah biasa.. Rombongan cowok berbaju takwa dan cewek berjilbab rapat udah jadi pemandangan yang biasa di kawasan Jalan KH. Ali Maksum..

Hmm..

0 komentar:

Contact

Get in touch with me


Address/Street

Kongsijaya 02/01, Widasari, Indramayu 45271

Phone number

+(62) 81223001161

Website

www.abialghifari.com