• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

February 22, 2010

Dag-Dig-Dug-nya Kerja Praktek Hari Pertama di BMKG Jogja!

Kalo boleh dibilang, hari ini adalah hari kikuk.. Hari pertama bagi gue adalah hari yang tidak menegenakan sekaligus hari menantang. Hari ini dua 'hari pertama' bertumpuk jadi satu. Pertama, hari masuk kuliah oertama di semester ini. Kedua, hari pertama KP.

Kalo hari pertama kuliah sih, oke bagi gue yang udah enam semester melalangbuana di kampus biru ini gak masalah. Tapi, hari pertama KP ini lho yang bikin jantung gue senam hamil.. Hmm..

Oke, tadi pagi sekitar jam setengah delapan gue ma Anang, Galih, n Rudi melaju ke BMKG Jogja di sekitar Jalan Wates Km 8,5. Nyampe sana jam 8 tepat dan BMKG baru buka. Setelah disapa sama Bapak di Ruangan depan, akhirnya kami disuruh ma bapak itu untuk menemui ruangan observasi Geofisika. Dan, apa yang terjadi... Gue ma yang lain disambut sama Pak Bambang, kalo gak salah sih Kepala Observasi Geofisika BMKG Jogja. Boleh dibilang beliau orang yang ramah. Entahlah, berasa nyaman aja..

Pagi itu kita dipersilahkan baca-baca laporan kerja praktek tahun-tahun lalu. Kesimpulan yang gue dapet dari membaca laporan tersebut ialah: Tebal! Gimana gak, laporannya emang tebel-tebel sih, 70 halaman rata-rata.. Judulnya macem-macem, ada yang tentang pembuktian penunjaman tektonik di selatan Jawa dengan menggunakan data-data gempa, ada yang tentang Karakteristik gempa bumi lokal. Pokoknya banyak..

Habis itu, kami diantar masuk ke ruang observasi geofisika. Di situ kami diperkenalkan alat-alat apa saja. Yang bikin gue gak nyangka, ternyata ruangannya gak seseram yang gue bayangin. Gue kira isinya kertas seismograf yang panjang-panjang. Ternyata gue salah. Yang gue dapet di sana ialah peralatan-peralatan yang hi-tech abis. Jadi ada PC yang memiliki 4 monitor yang digabung menjadi satu. Setiap monitor memberikan informasi yang berbeda-beda. Kalo gak salah sih, menampilkan peta, menampilkan seismograf, menampilkan info gempa, dan satu lagi apa ya, lupa. pokoknya ada empat.

Setelah itu, kami oleh Pak Bambang diperkenalkan dengan Pak Budi. Oke, masih muda sih. Tapi tetap ramah. Kesimpulan gue sih orang-orang BMKG Jogja lumayan ramah. Sama Pak Budi diceritain tentang ini-itu.. Yah, intinya sih tentang penulisan laporan. Kata beliau, selama ini laporan kerja praktek yang terkumpul di  BMKG Jogja masih 'itu-itu' aja. Jadi, kalo bisa kami bisa memberikan judul yang lain. Hail ini menjadikan tantangan tersendiri juga bagi gue. Dan itu yang masih membuat gue bingung. Apa ya?

Agaknya gue harus serius tentang kerja praktek ini. Gak  boleh setengah-setengah. Harus total. Walaupun cuma 1 sks, tapi gue yakin kalo usaha gue sungguh-sungguh hasilnya juga akan baik. Dan gue yakin itu. Buat teman-teman, minta doanya ya..

2 komentar:

Ari Teguh Sugiarto said...

permisi gan mau tanya kalau ingin mengajukan kerja praktek di BMKG itu prosedurnya gmana ??? n dikirim dimana

Ari Teguh Sugiarto said...

permisi gan mau tanya kalau ingin mengajukan kerja praktek di BMKG itu prosedurnya gmana ??? n dikirim dimana

Contact

Get in touch with me


Address/Street

Kongsijaya 02/01, Widasari, Indramayu 45271

Phone number

+(62) 81223001161

Website

www.abialghifari.com