• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

August 27, 2009

24 Jam Hidup Gue Di Bulan Suci...

ife is easy.. Tapi, apakah segampang itu menjalani hidup ini? Terlebih, status gue yang ganda, sebagai mahasiswa dan sebagai santri, membuat gue harus benar-benar bisa membagi waktu. Di satu sisi, sebagai mahasiswa gue harus mengikuti perkembangan zaman, misalnya kuliah, karaoke, nonton konser, nge-gank dan sesekali clubbing (hehe..).. Di sisi lain, gue harus menjadi 'anak manis' di pesantren, yang harus bisa menjaga sikap. Yah, kita memang harus seimbang kan? Dan untuk ngelakuinnya butuh usaha yang, menurut hemat gue, gak segampang boker di pagi hari.

Oke, kalo di bulan-bulan biasanya sih gak susah-susah banget, coz gue masih banyak celah waktu yang bisa gue habiskan. Memasuki bulan yang penuh berkah ini, diperlukan suatu usaha yang ekstra sangat keras sekali banget (lebay gak sih?) untuk mencapai sebuah keseimbangan itu. Emang apa saja sih kegiatan gue 24 jam ini di bulan ramadan? Tujuannya sih bukan sok 'riya' atawa pamer, tapi lebih kepada 'saling berbagi'.. Soalnya berbagi itu sangat dianjurkan oleh agama. Kalo ada yang baik dari postingan ini, semoga bisa memberi inspirasi. Tapi, seandainya ada yang jelek, bahkan hina, dari postingan ini, tolong jangan diambil hikmah ya.. Ntar gue ikut kena dosa dong. Gue gak mau masuk neraka hanya gara-gara postingan blog yang gue tulis dengans susah payah sampe melupakan makan siang.. (Maksud lo?)

Oke, mulai aja..

03.00
Bangun.. Karena gue orangnya agak gak care sama yang sunnah, gue susah banget buat sholat tahajud. Padahal nih ye, kalo kita sholat tahajud, kita dapat pahala. (Ya iyalah..)..
Oke, jam segini, gue ma temen2 sekamar yang lain malah kadang-kadang ngegodain mbak-mbak yang lagi masak di dapur. Itu hal yang mudah sekali bagi kami, mengingat letak dapur yang hanya berada di sebelah kamar gue.. Hehe.. Kadang, kami juga sering ngintipin komplek cewek sebelah komplek gue dari suatu lubang kenikmatan.. Ups! Oke, secara umum, gak ada hal yang bermanfaat yang gue lakuin buat nunggu masakan sahur matang.
Kalo udah masak, alarm bunyi (padahal gak ada alrm), dan kami santri satu pesantren harus ngantri jatah makan sahur. Huff, gue bisa ngerasain gimana susahnya orang-orang yang lagi ngantri BLT atau ngantri di bioskop..
Kalo udah dapet, ya dimakan lah...

04.15
Sholat shubuh coy, kadang jamaah, kadang gak.. Yah, emang gak wajib sih.. Di pesantren gue, lebih menekankan kepada kesadaran kalo masalah sholat,. Jadi, kalo yang mo jamaa, ya bagus. Kalo gak juga, gak bakal disuruh nguras bak mandi kok..

05.00
Gak bisa langsung tidur. Mungkin kalo kalian yang di luar pesantren enak banget. Kalian punya pilihan untuk ngaji atau tidur. Tapi, we have no 'pilihan'.. Pilihan bagi kami adalah sebuah keniscayaan. Hanya ada satu: ngaji!
Habis ngaji dilanjutkan kerja paksa, maksud gue kerja bakti dengan 'sedikit' paksaan!

06.00
Baru bebas kegiatan pondok, yang mo kuliah, yo kuliah. Yang gak ada kerjaan ya, ngintipin komplek sebelah, hehe.. kalo gue sih biasanya tidur 1-2 jam, habis tuh kuliah jam 9. Semester ini kebanyakan mulai kuliah jam segitu..

15.30
Ngaji lagi.. Kalo habis shubuh tuh ngaji Al-Quran. Kalo sekarang ngaji kitab fiqih, tafsir, atau tauhid. Yah, pokoknya tergantung jadwalnya. Tiap hari beda-beda. Kalo gue masih di kampus, ya gue gak ikut. Tapi kalo udah pulang, juga tetep gak ikut.. Gubrak!!

17.30
Baru kelar ngaji. Biasanya gue sama yang lain nyari lauk buat buka puasa. Yah, lo tau sendiri kan, jatah makan di pesantren terkesan seadanya. Adanya ayam, ya diterima. Adanya kambing, ya diterima.. (Yah, kalo gitu mah gak seadanya dong, Bih..)
Biasanya jam-jam segini rame banget depan pondok. Ya, semacem ajang aktualisasi diri bagi para santri. Kalo yang santri cewek, dari cara berjalannya, seakan bilang, "Ini lho, anak komplek sebelah, gue cantik lho.."
Nah, kalo yang santri yang cowok, biasanya jalannya dengan gaya di-macho-macho-kan! Berasa paling ganteng gitu deh.. Yah, wajar lah.. Santri juga manusia, punya rasa punya hati... Betul gak?
Kalo udah puas cuci mata, saat yang ditunggu pun tiba.. Buka puasa dengan yang 'manis'.. Berarti sama gue dong.. Gue kan manis..

19.00
Taraweh lah.. Walaupun ibadah yg ini sunah, tapi bulan puasa gak bakal lengkap kalo gak sholat taraweh..
Oya, kalo di temat gue, tarawehnya 20rakaat.. Yah, itu yang kami yakini.. Praktis, seluruh santri tumplek blek di Musholla komplek L yg gak lebar2 banget.. Tapi, kebersamaan lebih penting dari itu semua.. Halah.. Ngemeng epe sih gue?

20.00
Selesai taraweh, gue ma yg lain nongkrong2 di angkringan.. Segelas es teh sudah cukup utk membuat tenggorokan stay cool.. Yah, ngobrol ngalor ngidul gak jelas, mulai dari ngobrolin kampus, cewek, sampe berbagi file 3gp.. Sekali lagi, santri juga manusia..

20.30
Ngaji season 2.. Haduh, walaupun capek, tetep aja gue jalanin.. Gue yakin, di balik kesusahan, ada kemudahan.. (Iklan hemaviton jreng versi pembersihan saluran irigasi..)

21.30
Huff.. Kalo lagi giliran tadarus, masih harus ngaji sampe jam 11.. Tapi kalo lagi bebas tugas, gue bisa ngelakuin hal yg lain..
Kalo siangnya full banget kuliahnya, pasti langsung tidur..
Kalo siangnya bisa istirahat, jam segini ya bisa buka-buka situs porno, maksud gue buka-buka catatan kuliah.. Yah, itung-itung mempertahankan IP lah..
Jam 11 ato 12 baru bisa tidur..


Udah ah, capek ngetiknya..m

2 komentar:

sony said...

good typing dude...

tapi "karaoke" kenapa jadi aktivitas kampus... Itu sunnah bih... hehe

Abi Dzikri Alghifari said...

Hehe, thanks...

Ya.. Ya.. Tapi kan tetep aja temen yang bisa diajak karaoke cuma teman kampus. Teman pondok punya wadah tersendiri untuk menyalurkan bakat menyanyinya: Kamar Mandi!
Gak heran kalo tiap jam 4 sore sampe maghrib, kamar mandi berubah menjadi happy puppy!

Contact

Get in touch with me


Address/Street

Kongsijaya 02/01, Widasari, Indramayu 45271

Phone number

+(62) 81223001161

Website

www.abialghifari.com